Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Pencabutan Gigi oleh Dokter Gigi Muda

  • Ardian Jayakusuma Amran Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Fajrin Wijaya Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muslim Indonesia
  • Nur Rahmah Hasanuddin Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muslim Indonesia
  • Rini Pratiwi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muslim Indonesia
  • Riswandani AR Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Pelayanan ekstraksi gigi, dokter gigi muda, tingkat kepuasan, 5 dimensi, servqual

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan gigi yakni perbandingan antara sudut pandang pasien

terhadap pelayanan yang diterima dengan harapanya sebelum mendapatkan pelayanan. Apabila harapan pasien tercapai,

maka pelayanan tersebut sudah memberikan kualitas pelayanan yang bermutu sehingga akan menimbulkan kepuasan

yang tinggi. Tujuan: Mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan ekstraksi gigi oleh dokter gigi muda.

Metode: Penelitian ini menggunakan survei deskriptif dengan metode pengambilan data cross sectional menggunakan

kuisioner sebagai bahan penelitian. Ujistatistik yang digunakan adalah analisisi univariat. Hasil: Tingkat kepuasan pasien

melalui kuisioner SERVQUAL sangat puas 94%, puas 6%, normal 0%, tidak puas 0%, dan sangat tidak puas 0%.

Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan ekstraksi gigi oleh dokter gigi muda sangat memuaskan.

References

1.Effendy K, Stella J. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Mutiara tahun 2019. Exellent Midwiery Journal. 2020;3(2):83.

2.Fachriani Z, Novita CF, Sunnati. Distribusi frekuensi faktor penyebab gigi pasien di Rumah Sakit dr. Zaenal Abidin Banda Aceh periode Mei – Juli 2016. 2016;1(4):32.

3.Julistia R, Kartika S, Arum S. Perbedaan tingkat kecemasan pada dokter gigi muda dan perawat gigi muda saat menghadapi pasien. Jurnal Psikoginesis. 2016;4(1):75.

4.Shara AC, Grahita A, Benny B. Hubungan antara pengetahuan terhadap motivasi dokter gigi muda dalam kontrol infeksi. Medali Jurnal. 2014;2(1):43.

5.Palingga IF, Misnaniarti, Haerawati. Analisis faktor yang mempengaruhi penerapan kewaspadaan pada dokter gigi muda. Jurnal Kesehatan. 2020;11(3):405.

6.Sambel M, Opod H, Hutagalung BSP. Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan gigi dan mulut di Puskesmas Bahu. Jurnal e-GiGi(eG). 2014;2(2):2.

7.KEMENKES RI. Laporan Nasional Riskesdas 2018. 2018: 192-94.

8.Tangkere H, Opod H, Supit A. Gambaran kecemasan pasien saat menjalani prosedur ekstraksi gigi sambil mendengarkan musik mozart di Puskesmas. Jurnal e-GiGi(eG). 2013;1(1):70-1.

9.Arifin NF, Wijaya MF, Muslimin UA. Kepuasan kerja dan analisis SWOT dalam upaya meningkatkan manajemen strategi pelayanan. An Idea Health Journal. 2023;3(2):36.

10.Akmal DZ, Heri H, Seswandi A. Kualitas pelayanan kesehatan gigi terhadap tingkat kepuasan pasien dan loyalitas pasien. NCSSR. 2022;1(1):272.

11.Kuntoro W, Istiono W. Kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di tempat pendaftaran pasien Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jkesvo, 2017;2(1):143-5.

12.Rangkuti NH, Umar Z, Tri NU. Analisis mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien di Poli Gigi Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Yayasan Akrab Pekan Baru jurnal AKRAB JUARA. 2021;6(1): 183.

13.Lutfiliawan A, Debby S, Aulia A, Rahmad A, Riky H. Hubungan kualitas pelayanan dokter gigi muda terhadap kepuasan pasien gigi tiruan di RSGM Gustri Hasan Aman Banjarmasin. Dentin Jurnal Kedokteran Gigi, 2023;7(3): 145.
Published
2025-07-07
Section
Articles