Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Pencabutan Gigi oleh Dokter Gigi Muda
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan gigi yakni perbandingan antara sudut pandang pasien
terhadap pelayanan yang diterima dengan harapanya sebelum mendapatkan pelayanan. Apabila harapan pasien tercapai,
maka pelayanan tersebut sudah memberikan kualitas pelayanan yang bermutu sehingga akan menimbulkan kepuasan
yang tinggi. Tujuan: Mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan ekstraksi gigi oleh dokter gigi muda.
Metode: Penelitian ini menggunakan survei deskriptif dengan metode pengambilan data cross sectional menggunakan
kuisioner sebagai bahan penelitian. Ujistatistik yang digunakan adalah analisisi univariat. Hasil: Tingkat kepuasan pasien
melalui kuisioner SERVQUAL sangat puas 94%, puas 6%, normal 0%, tidak puas 0%, dan sangat tidak puas 0%.
Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan ekstraksi gigi oleh dokter gigi muda sangat memuaskan.
References
2.Fachriani Z, Novita CF, Sunnati. Distribusi frekuensi faktor penyebab gigi pasien di Rumah Sakit dr. Zaenal Abidin Banda Aceh periode Mei – Juli 2016. 2016;1(4):32.
3.Julistia R, Kartika S, Arum S. Perbedaan tingkat kecemasan pada dokter gigi muda dan perawat gigi muda saat menghadapi pasien. Jurnal Psikoginesis. 2016;4(1):75.
4.Shara AC, Grahita A, Benny B. Hubungan antara pengetahuan terhadap motivasi dokter gigi muda dalam kontrol infeksi. Medali Jurnal. 2014;2(1):43.
5.Palingga IF, Misnaniarti, Haerawati. Analisis faktor yang mempengaruhi penerapan kewaspadaan pada dokter gigi muda. Jurnal Kesehatan. 2020;11(3):405.
6.Sambel M, Opod H, Hutagalung BSP. Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap perawatan gigi dan mulut di Puskesmas Bahu. Jurnal e-GiGi(eG). 2014;2(2):2.
7.KEMENKES RI. Laporan Nasional Riskesdas 2018. 2018: 192-94.
8.Tangkere H, Opod H, Supit A. Gambaran kecemasan pasien saat menjalani prosedur ekstraksi gigi sambil mendengarkan musik mozart di Puskesmas. Jurnal e-GiGi(eG). 2013;1(1):70-1.
9.Arifin NF, Wijaya MF, Muslimin UA. Kepuasan kerja dan analisis SWOT dalam upaya meningkatkan manajemen strategi pelayanan. An Idea Health Journal. 2023;3(2):36.
10.Akmal DZ, Heri H, Seswandi A. Kualitas pelayanan kesehatan gigi terhadap tingkat kepuasan pasien dan loyalitas pasien. NCSSR. 2022;1(1):272.
11.Kuntoro W, Istiono W. Kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di tempat pendaftaran pasien Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jkesvo, 2017;2(1):143-5.
12.Rangkuti NH, Umar Z, Tri NU. Analisis mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien di Poli Gigi Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Yayasan Akrab Pekan Baru jurnal AKRAB JUARA. 2021;6(1): 183.
13.Lutfiliawan A, Debby S, Aulia A, Rahmad A, Riky H. Hubungan kualitas pelayanan dokter gigi muda terhadap kepuasan pasien gigi tiruan di RSGM Gustri Hasan Aman Banjarmasin. Dentin Jurnal Kedokteran Gigi, 2023;7(3): 145.