Pengaruh Tutorial Melalui Video dan Powerpoint pada Media Youtube Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyuluh Mahasiswa Kedokteran Gigi
Abstract
Pendahuluan: Youtube merupakan situs video yang paling populer di dunia dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media ajar. Mahasiswa kedokteran gigi juga sering menggunakan youtube untuk membantu meningkatkan keterampilan mereka, seperti keterampilan penyuluhan. Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut merupakan tindakan pencegahan primer sebelum terjadinya suatu penyakit karies gigi. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh tutorial melalui video dan powerpoint pada media youtube dalam meningkatkan keterampilan menyuluh mahasiswa kedokteran gigi. Metode: Penelitian ini menggunakan metode eksperimental kuasi dengan tipe pre-test dan post-test group desain. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 36 sampel. Hasil: Uji wilcoxon yang dilakukan didapatkan hasil p-value menunjukkan nilai sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan: Menonton tutorial kegiatan penyuluhan melalui video dan Powerpoint pada media Youtube terbukti berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menyuluh pada mahasiswa FKG UMI.
References
2. Putri WSR, Nurwati R, Santoso MB. 7 Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. 2016;3(1):47-51.
3. Setyawan D. Rahasia mendapat dollar dari Youtube. Jakarta: Elex Media Komputindo; 2016.
4. Samosir F, Pitasari D, Purwaka, Tjahjono P. Efektivitas Youtube sebagai media pembelajaran mahasiswa (studi di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library. J. 2018;4(2):81-91.
5. Setiadi EF, Azmi A, Indrawadi J. Youtube sebagai sumber belajar generasi milenial. J. Civic Education. 2019;2(4):313-23.
6. Nurhadi ZF, Salamah U, Yuniar A. Motif penggunaan Youtube sebagai media informasi kecantikan generasi millenial. J. Komunikasi dan Media. 2020;4(2):170-90.
7. Srimaya. Efektivitas media pembelajaran Powerpoint untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa. J. Biotek. 2017;5(1):53-68.
8. Nurhayati, Arafat Y, Fitriani Y. Penggunaan media Powerpoint dalam pembelajaran Matematika dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. J. Ilmu Bina Edukasi. 2020;13:75–87.
9. Nurmala I, Rahman F, Nugroho A, Erlyani N, Laily N, Anhar VY. Promosi kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press; 2018.
10. Arsyad. Pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan pada murid kelas IV dan V SD. J. Media Kesehatan Gigi. 2018;17:61-72.
11. Taris LRM. Implementasi media pembelajaran anti korupsi berbais gender untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran di SD. J. Penelitian Pendidikan Insani. 2016;19(2):100-7.
12. Hardianti, Asri WK. Keefektifan penggunaan media video dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XII IPA SMAN 11 Makassar. 2017;1:123–130.
13. Hayati N, Harianto F. Hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual dengan minat peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. J. Al-Hikmah. 2017;14(2):160-80.
14. Novita L, Sukmanasa E, Pratama MY. Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. J. Edukasi Primer Indonesia. 2019;3(2):64.
15. Yudha JR, Sundari S. Manfaat media pembelajaran Youtube terhadap capaian kompetensi mahasiswa. J. Telenursing. 2021;3(2):538-45.
16. Utami FT, Zanah M. Youtube sebagai sumber informasi bagi peserta didik di masa pandemi COVID-19. J. Sinestesia. 2021;11(1):78–84.